Berita Dayakpos 10/08/2018
Deputi Kepala KPw BI Kalteng, Setian secara simbolis menyerahkan bantuan fasilitas pendidikan kepada Kepala SMKN 2 Palangka Raya, Lilik Setyawati, Kamis (9/8).(Dayak Pos/Asep)

Palangka Raya, Dayak Pos 

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah mengajar di tiga sekolah menengah atas di wilayah setempat dalam program Pekan Bank Indonesia Mengajar yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Kepala KPw BI Kalteng Wuryanto mengatakan, Pekan Bank Indonesia Mengajar yang dilaksanakan KPw BI Kalteng dilaksanakan di SMAN 1 Sampit pada 6 Agustus 2018, SMKN 1 Palangka Raya pada 8 Agustus 2018, dan SMKN 2 Palangka Raya pada 9 Agustus 2018.

“BI Mengajar merupakan salah satu agenda dalam rangka memperingati HUT ke-65 BI dan HUT ke-73 RI. Kegiatan ini merupakan perwujudan partisipasi BI dalam mendukung dunia pendidikan dan menjadi media sosialisasi kepada masyarakat tentang peran dan tugas BI,” katanya, Kamis (9/8).

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan BI Mengajar adalah mengenai tugas dan fungsi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral di Indonesia, yaitu menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia.

Pengenalan tentang ciri-ciri keaslian uang rupiah dan inflasi juga menjadi salah satu materi yang disampaikan oleh Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Kalteng di SMAN 1 Sampit, Kepala KPw BI Kalteng, Wuryanto di SMKN 1 Palangka Raya, dan Deputi Kepala KPw BI Kalteng, Setian di SMKN 2 Palangka Raya.

“Melalui kegiatan ini, BI ingin mengajak masyarakat, khususnya siswa untuk lebih bijak dalam membelanjakan uang, karena pola belanja yang berlebihan akan mempengaruhi inflasi. Selain itu, BI ingin menegaskan bahwa BI bukan bank umum yang menerima tabungan masyarakat,” kata Wuryanto.

Kepala SMKN 2 Palangka Raya, Lilik Setyawati menilai, kegiatan BI mengajar sangat bermanfaat karena dapat menambah wawasan peserta didik dalam bidang ekonomi.

“Ini kesempatan emas dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Belajar tidak harus melalui membaca. Jadi, dengarkan dan simak materi yang diberikan oleh narasumber dengan baik agar memperoleh manfaat sebesar-besarnya,” pesan Lilik kepada peserta didik.

Selain program BI Mengajar, KPw BI Prov Kalteng juga memberikan bantuan sarana pendidikan kepada SMKN 2 Plk berupa Laptop, layar dan infokus dalam rangka mendukung kegiatan belajar mengajar.(004)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.