Berita Dayakpos 10/03/2018
Unjuk rasa gabungan mahasiswa di Kota Palangka Raya, yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Kalimantan Tengah Perduki Demokrasi di depan gedung DPRD Kalteng, guna menolak revisi UU MD3 yang telah disahkan.(Dayak Pos/Novan)

Palangka Raya, Dayak Pos

Setelah disahkannya revisi undang-undang MPR, DPR-RI, DPD-RI dan DPRD (MD3), pengesahan ini ternyata banyak menuai kontroversi dari berbagai pihak. Hal ini ditunjukan dengan adanya unjuk rasa oleh sejumlah mahasiswa di kota Palangka Raya didepan Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), jalan S.Parman, Jumat (9/3) kemarin.

Dari hasil pantauan langsung Dayak Pos di Lapangan, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam aliansi  ‘Gerakan Rakyat Kalimantan Tengah Perduli Demokrasi’ ini meminta jepada pihak DPR untuk mencabut revisi undang-undang MD3 yang disahkan pada tanggal 12 Ferbuari 2018 lalu, karena dianggap mencederai demokrasi Indonesia.

“Kami meminta dengan hormat kepada para anggota Dewan untuk mencabut revisi undang-undang MD3 yang kini telah mencederai demokrasi Indonesia.”ucap salah satu mahasiswa saat menyampaikan orasinya.

Dalam unjuk rasa tersebut, aliansi Gerakan Rakyat Kalimantan Tengah Perduki Demokrasi yang terdiri dari organisasi GMNI, PMII, SAPMA PP, GMKI, KMHDI, BEM UPR, BEM FKIP UPR, PMKRI, HMI dan FMN ini juga menunjukan aksi protes terhadap revisi undang-undang MD3 dengan cara membakar keranda mayat beserta selebaran poster-poster.

Sementara itu, sekretaris Dewan tantan sempat menjelaskan, bahwa saat ini, seluruh anggota DPRD Kalteng sedang menjalani kunjungan kerja keluar daerah, sehingga tidak bisa menemui para pengunjuk rasa.

“Sebelumnya saya informasikan, bahwa saat ini seluruh anggota dewan sedang melaksanakan kunjungan kerja keluar daerah, dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi legislatif, sehingga tidak menemui saudara – saudari sekalian sekarang.”Ucap tantan seraya menenangkan para pengunjuk rasa.

Kegiatan unjuk rasa yang diamankan oleh puluhan anggota kepolisian ini pun berakhir tepat pada pukul 10.30 WIB .(006)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.