Simpan Sabu, Tiga Warga Kandui Diamankan

KETIGA TERSANGKA-Ke tiga tersangka warga Kandui, Laha Sadelo alias Delo (32), Sopyan Rifai Bolo (23) Puji Waras alias Waras (45) saat diamankan di Polsek Kandui.(Dayak Pos/Ist)

Muara Teweh, Dayak Pos

Peredaran obat terlarang narkotika jenis sabu-sabu di wilayah kabupaten Barito Utara (Barut), benar-benar sudah mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, dipelosok desapun sudah merebak peredarannya. Buktinya, tiga warga desa Kandui, kecamatan Gunung Timang berhasil diamankan pihak Polsek setempat lantaran menyimpan sabu.

Ke tiga warga Kandui tersebut adalah Laha Sadelo alias Delo (32) warga jalan gang Batu Fesa RT 02, Sopyan Rifai Bolo (23) berprofesi sebagai Petani warga RT 09 dan Puji Waras alias Waras (45) yang bekerja sebagai sopir warga jalan Ahmad Yani, desa Kandui RT 01 kecamatan Gunung Timang.

Dari tangan ketiga warga ini ditemukan barang bukti enam paket narkotika yang diduga jenis sabu berat 1,19 gram. Dua buah alat hisap sabu berupa pipet kaca dan sedotan serta satu buah korek api mancis warna merah dan satu unit HP merk Nokia.

Petugas juga menyita satu lembar uang tunai pecahan Rp100ribu, satu buah sendok takar dari sedotan plastik bening dan empat bungkus plastik klip bening masing-masing isi 100 pices.

Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar SIK melalui Kasat Narkoba Kasatnarkoba AKP Tugiyo mengatakan giat penindakan dilakukan pada hari Selasa sekitar pukul 10.05WIB. Operasi ini dilakukan Polsek Gunung Timang yang di backup oleh Satresnarkoba Polres Barito Utara.

Kronologisnya bermula dari laporan masyarakat yang menyebutkan ada sebuah rumah di jalan Gang Batu RT 02 desa Kandui sering dilakukan untuk pesta sabu-sabu.

Selanjutnya dilakukan penyelidikan dan kemudian Kapolsek Gunung Timang beserta anggota melakukan penangkapan terhadap tersangka Delo dan Bolo. “Barang bukti yang telah di temukan saat dilakukan pengeledahan di rumah tersangka Delo adalah enam paket narkotika yang diduga jenis sabu dengan berat 1,19 gram,” kata Tugiyo.

Penangkapan Sopyan dan Puji merupakan hasil dari pengembangan asal barang. Ketiga tersangka selanjutnya di bawa ke Polres Barito Utara untuk dilakukan proses lebih lanjut.

“Dengan barang bukti itu, tersangka dikenakan pasal 114 ayat (1) jo 112 ayat (1) jo 132 ayat (1) Undang-undang RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” jelas Tugiyo. (lna)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.