Berita Dayakpos 13/03/2018
Fahrizal Fitri

Palangka Raya, Dayak Pos

Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri menegaskan bahwa pemprov telah menyusun berbagai strategi termasuk berkomunikasi dengan pemerintah pusat agar seluruh pelabuhan yang ada di provinsi itu dapat segera beroperasi.

“Kementerian terkait telah memberikan sarana untuk mengoperasionalkan pelabuhan Batanjung di Kabupaten Kapuas dan Sigintung Kabupaten Seruyan,’ kata Fahrizal saat membuka Rapat Koordinasi Perindustrian dan Perdagangan se-Kalteng di Palangka Raya, Senin (12/3).

Pelabuhan yang sudah beroperasi saat ini baru di di Sampit dan Pangkalan Bun.
Fahrizal mengatakan ke depannya, semua pelabuhan yang ada di Kalteng akan dikembangkan agar mendongkrak pengembangan perdagangan dan perindustrian di provinsi tersebut.

Keberadaan sejumlah pelabuhan laut di Kalteng bertujuan untuk mengoptimalkan distribusi barang, baik yang dibawa masuk ataupun dibawa ke luar daerah.
Hal itu berarti memaksimalkan keberadaan pelabuhan menjadi salah satu langkah untuk mendorong pertumbuhan perdagangan dan perindustrian di Kalteng.
Fahrizal mengakui selama ini wilayah Kalteng bagian timur menjadikan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai pintu keluar pendistribusian. Alhasil, semua ekspor dan hasil bumi yang diperoleh dari Kalteng tercatat dari Kalsel.
“Parahnya lagi dalam perhitungan pajak bagi hasil, yang dihitung mendapatkan bagian adalah Provinsi Kalsel. Jadi harapan kita kedepan, Kalteng bisa membawa hasil buminya atau apapun produknya langsung dari pelabuhan sendiri,” ucapnya.
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten/Kota se-Kalteng pun diminta untuk meningkatkan sekaligus mensinkronkan program bidang perdagangan dan perindustrian kepada pemerintah provinsi maupun pusat.

Dia mengatakan program strategis pemerintah di bidang perdagangan pada 2018 meliputi upaya menjaga ketersedian dan stabilitas bahan pokok dan revitalisasi pasar rakyat serta penguatan data industri.

“Jangan lupa juga mensingkronkan data ekspor impor, menyiapkan rencana pembangunan industri dan pembangunan sentral industri kecil menengah yang ada di kabupaten/kota,” demikian Fahrizal.(Ant/002)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.