Berita Dayakpos 16/05/2018
Para peserta dan nara sumber Rakernis Bidang Humas Polda Kalteng, Selasa (15/5) di Mapolda Kalteng.(Dayak Pos/Ist)

Palangka Raya, Dayak Pos

Pers berfungsi sebagai media informasi (information) memberikan berbagai informasi yang penting dan bermakna bagi masyarakat untuk kehidupanya, yakni berbagi bidang, aspek, atau dimensi. Informasi tentang kebijakan, program dan peraturan Negara kepada masyarakat agar cepat diketahui.

“Pers juga menjadi sarana informasi antar individu atau kelompok-kelompok masyarakat,”ungkap Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng H Sutransyah, dalam paparannya tentang Undang-Undang Pers, saat Rakernis Bidang Humas Polda Kalteng, Selasa (15/5) di Mapolda Kalteng.

Dijelaskan Sutransyah, sesuai Undang-Undang Pers Nomor 40 tahun 1999 pasal 3, Pers Nasional mempunyai fungsi juga sebagai media pendidikan, hiburan dan kontrol sosial, selain itu pula Pers dapat berfungsi sebagai lembaga  ekonomi.

Menurut Ketua PWI Kalteng dua periode ini, dalam Undang-Undang Pers Nomor 40 tahun 1999 hak-hak Pers juga diatur antara lain, Kemerdekaan Pers dijamin sebagai hak azasi warga Negara, tidak dikenakan penyensoran, pembredelan, atau pelanggaran penyiaran.

“Oleh sebab itu, untuk menjamin kemerdekaan pers, pers Nasional mempunyai hak mencari. Memperoleh, dan menyampaikan gagasan dan informasi dan dalam mempertanggungjawabkan pemberitaannya di depan hukum, wartawan mempunyai hak tolak,”katanya.

Namun, ditambahkan oleh Mantan Ketua KAHMI Kalteng ini, meskipun ada hak, pers juga mempunyai kewajiban, yakni pers Nasional berkewajiban membedakan peristiwa dan opini, dengan menghormati norma-norma agama dan rasa kesusilaan masyarakat serta azas praduga tak bersalah. Pers juga wajib melayani hak jawab dan hak koreksi.

Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Pambudi Rahayu dalam sambutan tertulis yang dibacakan bagian Humas Polda Kalteng AKP Rahman, kegiatan Rakernis fungsi Humas Polda Kalteng adalah untuk memberikan gambaran kepada Pimpinan Polda Kalteng tentang rencana Rakernis Bidang Humas Polda Kalteng tahun 2018 ini.

Sedangkan tujuan Rakernis untuk mmberikan masukan kepada Pimpinan tentang rencana Pelaksanaan Rakernis Bidang Humas Polda Kalteng serta diharapkan dapat sebagai bahan masukan kepada pimpinan dalam menentukan kebijakan lebih lanjut, tambahnya. (002)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.