Berita Dayakpos 16/04/2018
Direktur PDAM Kota Palangka Raya, Budi Harjono

Palangka Raya, Dayak Pos

Perusahaan Daerah Air Minum (PADAM) Kota Palangka Raya pada 2018 telah menyiapkan pemasangan 625 sambungan bagi masyarakat berpenghasilan rendah secara gratis.

“Pada tahun ini kami menyiapkan pemasangan gratis sebanyak 625 sambungan, yakni yang 500 sambungan merupakan bantuan pemerintah pusat sisanya sebagai program cadangan pemasangan jika kuotanya melebihi target dari pusat,” kata Direktur PDAM Kota Palangka Raya, Budi Harjono, Jumat (13.4) lalu.

Dia mengatakan, salah satu kriteria pemasangan sambungan pipa air gratis tersebut seperti luas rumah tidak lebih dari 60 meter persegi dan kapasitas listrik tidak melebihi 1.300 watt.

“Untuk tahapan pemasangan pipa gratis tersebut saat ini masih dalam proses pendataan masyarakat guna memastikan program itu tepat sasaran,” katanya.
Dia mengatakan, hal ini merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera). Pendanaan pemasangan jaringan itu pun dialokasikan melalui dana hibah oleh kementerian.

Program tersebut juga menjadi upaya pemerataan pembagian air bersih bagi masyarakat “Kota Cantik” itu oleh PDAM di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah.
Pada program sambungan pipa gratis, sarana dan prasarana dalam penyambungan ditanggung PDAM sehingga masyarakat tinggal menyambungkan jaringan ke rumah masing-masing.

Sebelumnya Sekretaris Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti meminta PDAM kota setempat memperluas pemasangan jaringan pipa air.

Selain itu dia juga meminta PDAM meningkatkan kualitas produksi air yang dihasilkan perusahaan daerah Kota Palangka Raya karena pada waktu tertentu, kondisi air yang dialirkan kecil dan kadang pula keruh.(002)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.