Panwaslih Tertibkan APK ‘Nakal’

Kanan tengah:Penertiban APK Parpol peserta Pileg 2019.Kiri bawah:APK hasil penertiban.Kanan bawah:Penertiban APK paslon 2 oleh Panwaslih.(Foto/Novri JK Handuran)

Kuala Kurun,Dayak Pos

Ketua Panitia Pengawas Pemilihan(Panwaslih)Gunung Mas(Gumas)Walman Tristianto menyatakan pihaknya hari ini(12/6)sudah menertibkan APK(Alat Peraga Kampanye)’nakal’ alias tidak sesuai ukuran dan desain KPU dari paslon Bupati dan Wabup Gumas maupun APK Parpol peserta Pemilu 2019.

“Kita(Panwaslih)lakukan hari ini(penertiban APK ‘nakal’)di ibukota Gunung Mas untuk APK paslon dan Parpol peserta Pemilu 2019 yang diluar ketentuan KPU dan kesepakatan bersama,” kata Walman kepada sejumlah wartawan di kantor Panwaslih,Selasa(12/6).

Penertiban tidak hanya di Kuala Kurun ujar Walman,tapi di Kecamatan yang APK nya bermasalah.

“Kita sudah instruksikan teman teman Panwascam untuk bertindak tegas,menertibkan APK yang tidak sesuai ukuran dan desain KPU,” tegas pria mantan wartawan tersebut didampingi anggota Panwaslih divisi organisasi dan SDM Katriana dan anggota Panwaslih divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga Agus Praptomo Cahyo

“Jumlah APK paslon Bupati dan Wabup dan Parpol peserta Pemilu 2019 di Kuala Kurun yang diturunkan ada 5.Kita¬†melakukannya(penurunan APK)bersama Satpol PP dan beberapa personel TNI dan Polres Gunung Mas,” serunya.

Sesuai ketentuan KPU,ujar mantan ketua PWI Gumas ini papan sekretariat ukuran standarnya 1,5 meter x 3,5 meter.Baliho 4×6 meter,Spanduk 1×6 meter dan umbul umbul 1×4 meter.

“Kita tidak ingin setelah penertiban masih ada APK bermasalah.Mari kita semua taati peraturan perundang undangan yang berlaku demi kebaikan bersama,” ucap Walman.

Panwaslih menurut dia bekerja(menertibkan APK tidak sesuai aturan KPU)sesuai aturan.Aturan dalam pelaksanaan Pilkada Gunung Mas yang harus difahami semua.

“Tidak boleh bertindak berdasarkan kemauan pribadi atau kelompok,” tukasnya.

Diapun menegaskan kembali sikap pihaknya bahwa netralitas Panwaslih harga mati.Panwaslih bekerja untuk kepentingan daerah dan masyarakat Gumas,bukan kepentingan paslon. “Itu sudah jelas(netralitas Panwaslih)dan tidak bisa dirubah,” tegas Walman.(Nov)

Kiri atas:Anggota Panwaslih saat bertemu dengan tim pemenangan paslon 2 terkait penertiban APK.Kanan atas:Penertiban APK Parpol peserta Pemilu 2019.Kiri tengah:Anggota Panwaslih saat kordinasi dengan warga pendukung paslon 2 terkait penertiban APK.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.