Legislator : Cabut Izin PBS tak taat AMDAL !!!

H.M. Asera,

Palangka Raya, Dayak Pos

DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta kepada Gubernur Provinsi Kalteng, H. Sugianto Sabran, untuk menindak tegas sejumlah Perusahaan besar Swasta (PBS) yang melanggar Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), dimana hal ini berkaitan langsung dengan limbah pabrik yang tidak dikelola dengan baik oleh pihak PBS, sehingga merugikan masyarakat.

Menurut Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Kalteng, H.M. Asera,sampai saat ini tidak sedikit PBS yang beroperasi di Wilayah Hukum Kallteng, baik disektor Pertambangan maupun perkebunan, dimana PBS tersebut tidak melakukan pengelolaan limbah dengan baik dan membuang Limbah tersebut ke Sungai, sehingga sumber air yang digunakan oleh masyarakat menjadi tercemar

“Kita minta kepada bapak Gubernur, agar menindak tegas perusahaan yang tidak taat aturan, dengan membuang limbah hasil pengolahan pabrik, sehingga mencemari lingkungan dan merugikan masyarakat. Karena hal tersebut sudah jelas melanggar Amdal.”ucap Asera, saat dibincangi sejumlah awak media, di gedung Dewan, jalan S.Parman, Kota Palangka Raya, Rabu (3/10) kemarin.

Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau ini juga menegaskan, setiap PBS yang beroperasi di Wilayah Hukum Kalteng, wajib taat kepada aturan dan perundang-undangan. Dimana dalam aturan tersebut, telah disebutkan bahwa salah satu hal yang harus ditaati adalah masalah AMDAL.

“DPRD sangat mendukung apabila Gubernur berani menindak tegas perusahaan-perusahaan yang melanggar aturan di Provinsi Kalteng ini. Karena sudah kewajiban PBS untuk taat kepada aturan, bahkan dalam perizinan awak sudah disebutkan hawa yang harus diperhatikan adalah AMDAL, karena Amdal akan merusak lingkungan apabila tidak dipenuhi sesuai ketentuan. Kalau perlu Bekukan sementara bahkan Cabut izin Operasional bagi Perusahaan yang tidak taat AMDAL. “Pungkas Politisi dari Frasksi Gabungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.(Nvd)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.