Berita Dayakpos 21/07/2018
Petugas gabungan berusaha memadamkan kebakaran lahan di sekitar pemukiman warga di Jalan Banteng, Jumat malam. Pemadaman sempat terkendala sumber air. (Foto AJB)

PALANGKA RAYA, Dayak Pos 

Kebakaran lahan mulai terlihat disejumlah titik Kota Cantik. Seperti, Jumat (20/7/2018) malam. Lahan sekitar satu hektare di Jalan Banteng tiba-tiba terbakar. Diperkirakan, luasan yang berkobar tersebut mencapai satu hektare.

Berdasarkan pantauan, api hanya berjarak sekitar 50 meter dari pemukiman warga. Kebanyakan rumah di sekitar lokasi terbuat dari kayu. Meskipun terkendala sumber air, berkat kesigapan petugas gabungan dari TNI Polri, Manggala Agni, BPBD dan Swakarsa, situasi bisa dikendalikan.

Berdasarkan penuturan warga sekitar, diduga ada beberapa orang sengaja membakar lahan tersebut pada sore hari. Bahkan, ada yang sempat melihat, aktivitas empat laki-laki di sekitar lahan, bersamaan dengan munculnya kobaran api.
“Satu diantara mereka sempat meminjam gayung kepada warga sekitar. Setelah itu langsung pergi. Gayung yang ia pinjam tidak dikembalikan,” ujar SU di TKP.

Sementara warga lainnya, BD menuturkan, api mulai menyala sekitar pukul 15.00 WIB. Saat itu ia sedang bersantai di dalam rumah. Jarak rumahnya dari lahan yang terbakar hanya 50 meter saja. Menurutnya, ia keluar dari dalam rumah lantaran mendengar suara percik api.

“Tidak tahu awalnya darimana. Begitu dengar ada suara percikan api, keluar. Ternyata kebakaran sudah meluas,” terangnya.

Sedangkan, Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar ketika dikonfirmasi membenarkan laporan terjadi kebakaran lahan tidak jauh dari pemukiman warga di sekitar Jalan Banteng.
Diakui, pihaknya telah berkoordinasi dengan tim di lapangan untuk menindaklanjuti kejadian ini.”Kita monitor langsung. Situasi sudah aman,” ucapnya ketika dikonfirmasi.
Senada diungkapkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPB-PK) Kalteng Darliansjah. “Kami sudah berkoordinasi dengan posko yang ada di wilayah Kelurahan Bukit Tunggal pak,” tuturnya. (ajb)
3 Attachments

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.