Berita Dayakpos 13/02/2018
Pleno KPU kota Palangka Raya Penetapan bakal calon pasangan yang lolos dan berhak maju dalam pemilihan Wali Kota Palangka Raya, Senin (12/2) dihadiri sejumlah pasangan calon. (Dayak Pos/Darmawanto)

Palangka Raya, Dayak Pos

Komisi Pemilihan Umum Kota Palangka Raya menetapkan satu-satunya pasangan calon jalur perseorangan atau non-partai yang lolos dan berhak mengikuti pilkada wali kota dan wakil wali kota setempat yaitu paslon H.Rusliansyah-Rogas Usup.

Rapat pleno KPU Kota Palangka Raya dipimpin Ketua KPU setempat Dr.Eko Riadi, Senin (12/2), selain menetapkan H.Rusliansyah-Rogas Usup juga menetapkan tiga paslon jalur parpol yaitu Tuty Dau-Rahmadi (Nasdem,PKB,Gerinda), Fairid-Umi Mustikah (Golkar, PAN, PPP), dan Aris Narang-Habib Said Fauzy (PDIP).

Sementara itu tiga paslon jalur perseorangan yang telah mengikuti tahapan hingga tes kesehatan, dinyatakan tidak memenuhi syarat dukungan minimal yang dibuktikan dengan surat pernyataan dan copy ktp penduduk Kota Palangka Raya.

“Ada tiga paslon perseorangan yang tidak lolos ferivikasi dukungan tahap dua dan satu paslon tidak dilakukan ferivikasi faktual kedua karena tidak memenuhi syarat perbaikan dukungan minimal dua kali kekurangan,” kata Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riadi.

Ketiga paslon yang tak lolos ferivikasi faktual tahap dua yakni pasangan Rizky Mahendra-Daryana, Dagut-Fitriadi, Yuliustry-Fathul Munir. Sementara satu paslon yang tak memenuhi syarat perbaikan dukungan minimal dua kali kekurangan atas nama Nampung-Budi Santoso.

Keempat paslon peserta pilkada Kota Palangka Raya itu selanjutnya pada Selasa(13/2) mengikuti tahapan pencabutan nomor urut paslon.
Saat dikonfirmasi terkait tiga paslon jalur perseorangan yang tengah mengajukan gugatan ke Panwaslih Palangka Raya, pihak KPU mempersilahkan karena merupakan hak para pasangan bakal calon.

“Silahkan saja. Ini hasil penetapan kita hari ini. Untuk langkah-langkah berikutnya, ketiga pasangan bakal calon jika tidak puas bisa melaksanakan langkah-langkah yang ada. Itu hak mereka,” katanya.

Sementara itu, Rusliansyah satu-satunya paslon jalur perseorangan yang lolos bursa pilkada mengaku optimis bisa bersama warga dalam upaya mendulang suara saat pencoblosan nanti.

Saat dikonfirmasi terkait komunikasi dengan para pasangan calon yang tidak lolos Rusli mengaku telah menjalin komunikasi.

“Kemarin kami juga sudah ada bincang-bincang jika masih sepaham mereka akan bergabung dengan saya. Namun mereka masih berjuang dengan sampai Rabu(14/2) nanti,” kata Rusli yang juga Ketua Komisi D DPRD Kota Palangka Raya dan Ketua DPD Golkar Palangka Raya dua periode.(002)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.