Berita Dayakpos 12/01/2018
RAT KOPEGA AMANAH-Kepala Disnakertrans Kop dan UKM Barito Utara dan Kepala Sekolah MTsN Barito Utara Mahlil Riduan foto bersama pengurus Kopega “Amanah” usai pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2017, Rabu (10/1) di aula MTsN Barito Utara.(Dayak Pos: Lana)

Muara Teweh, Dayak Pos

Kopega “Amanah” Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), kabupaten Barito Utara (Barut) dan koperasi sekolah Barokah (Koserba) MTsN Muara Teweh melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2017 di aula MTsN Muara Teweh, Rabu (10/1).

RAT Kopega “Amanah” MTsN ini dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara Drs Tenggara MM, Kepala Sekolah MTsN Barito Utara, Mahlil Riduan, para pengurus Kopega “Amana” dan pengurus koperasi sekolah Barokah.

“RAT yang dilaksanakan oleh Kopega Amanah ini adalah merupakan koperasi ke 2 yang telah melaksanakan RAT. Saya ucapkan terima kasih karena telah melaksanakan RAT tahun buku 2017 secara tepat waktu,” kata Tenggara saat memberikan sambutan dan membuka kegiatan RAT tersebut.

Dikatakan Tenggara, RAT merupakan suatu forum pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Dimana dalam forum rapat anggota inilah beberapa agenda penting yang dapat dibahas dan dimusyawarahkan, antara lain laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas koperasi, rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi tahun berikutnya.

Kemudian katanya, memusyawarahkan keberhasilan yang telah dicapai dan yang belum dicapai serta kendala yang dihadapi dan bagaimana peluang pengembangan koperasi yang akan datang serta memberikan masukan atau pemikiran terhadap program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Menurut Tenggara, RAT Kopega Amanah ini menunjukan bahwa kopega Amanah aktif dan telah menjalankan fungsi organisasi, manajemen dan administrasi koperasi serta telah menjalankan apa yang menjadi amanat dari UU nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian dan Permen Koperasi dan UKM RI no 19 tahun 2015 tentang penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan.

Sementara, Kepala Sekolah MTsN Barito Utara, Mahlil Riduan mengatakan RAT yang dilaksanakan oleh sebuah koperasi merupakan suatu hal yang mutlak yang harus dilaksanakan, sebab RAT adalah ciri dan sendi utama dalam menggerakkan sebuah koperasi.

Selain itu katanya, RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam berkoperasi yaitu adalah asas kekeluargaan. Sebagai intitusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi RAT menyiratkan bahwa kekuatan utama dalam sebuah organisasi koperasi adalah pada anggotanya.

Dikatakannya, RAT juga mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan koperasi kearah yang lebih baik karena dalam RAT ini akan membahas laporan pertanggungjaweaban daripada pengurus dan pemaparan rencana kerja serta anggaran dan pendapatan belanja koperasi.

“Pertanggungjawaban ini sangat penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar dimasa-masa yang akan datang kinerja koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi,” pungkasnya.(lna)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.