Kerugian Kebakaran di Barut Rp1 Miliar

Muara Teweh, Dayak Pos

Kerugian akibat kebakaran yang menghanguskan sembilan unit rumah warga di Jalan Swakarya RT 1 Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mencapai Rp900 juta – Rp1 miliar.

“Kerugian itu akibat tujuh rumah yang semuanya berkonstruksi kayu terbakar habis ditambah dua rumah sebagian yang terbakar,” kata Sekretaris Camat Teweh Baru, Adi Suwarman di Muara Teweh, Rabu (7/3) malam.

Menurut Adi, akibat kebakaran yang terjadi Rabu (7/3) siang sekitar pukul 12.30 WIB itu sebanyak 11 kepala keluarga atau 20 jiwa warga kehilangan temat tinggal.

Saat ini pihaknya telah melakukan tanggap darurat yakni pada Rabu malam warga yang menjadi korban kebakaran ditampung di rumah penghulu dan di Masjid Nurul Aisyah Kelurahan Jingah.

“Warga yang ditampung di dua tempat itu kemungkinan sampai besok, karena sebagian warga akan tinggal di tempat keluarganya masing-masing,” katanya.

Adi mengatakan saat ini pemerintah daerah melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa setempat mendirikan dapur umum untuk membantu korban kebakaran.

Disamping warga juga menerima bantuan dari pihak swasta yakni berupa sembako dan uang untuk kebutuhan membeli lauk pauk dari PT Mitra Barito.

“Kita harapkan bantuan dari semua pihak dapat meringankan penderitaan warga yang menjadi korban kebakaran,” ujar Adi.

Dalam peristiwa kebakaran yang melanda kelurahan dipinggiran Sungai Barito itu diduga disebabkan arus pendek listrik yang berasal dari rumah milik salah satu warga yang kini sudah dipasang garis “police line’ oleh pihak kepolisian setempat.

Upaya pemadaman dilakukan masyarakat setempat dan mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Barito Utara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat dan Manggala Agni Daerah Operasi IV Muara Teweh dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.00 WIB.(002)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.