Berita Dayakpos 16/04/2018
Herson B aden

Palangka Raya, Dayak Pos

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, Herson B aden mengatakan, pemerintah provinsi Kalteng berencana menyatukan semua e-government lingkup pemprov Kalteng.

“Saat ini kami masih membangun sistemnya. Tim penyatuan sudah ada SK (Surat Keputusan) dari Gubernur, tinggal susun Pergub untuk menguatkan penyatuan aplikasi,” katanya, Jumat (13/4) di Palangka Raya.

Herson mengatakan, penyatuan e-government bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses data atau informasi yang tidak dikecualikan sesuai dengan undang-undang No. 14 tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik.

Masyarakat, kata Herson, tidak perlu lagi mengakses ke aplikasi e-government yang berada di Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), seperti SIMDa di Bappedalitbang, Siap Bajasa di Biro Pengadaan Barang dan Jasa, aplikasi laporan akuntabilitas kinerja pemerintah, dan lainnya.

“Kalau e-government sudah dalam satu dashboard, masyarakat tinggal lihat dan pantau serta evaluasi, maupun memberikan masukan atas kegiatan yang direncanakan atau sudah dilakukan pemerintah. Tidak perlu lagi membuka aplikasi pada masing-masing SOPD,” terangnya.

Selain itu, penyatuan e-government akan mengurangi beban anggaran pemerintah provinsi dalam menyewa server atau data center dari Jakarta dan Jogyakarta seperti yang selama ini masih dilakukan oleh beberapa SOPD.

“Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kalteng akan bertanggungjawab dalam perawatan sistem, tapi bukan sebagai pengguna sistem. Jadi, dalam hal penggunaan atau eksekutor isi konten, tetap dilakukan oleh SOPD masing-masing,” ucapnya.

Herson berharap, SOPD lingkup pemerintah provinsi Kalteng dengan sendirinya bisa melakukan sinkronisasi dan koordinasi untuk merealisasikan penyatuan e-government, karena hal ini merupakan salah satu yang diminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Sesuai peraturan, kita akan gunakan dua penyedia jaringan agar ada back up saat terjadi gangguan. Target kita, tahun ini sudah bisa direalisasikan,” demikian Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kalteng ini mengakhiri.(004)

Teks poto : Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kalteng, Herson B Aden.(Dayak Pos/Asep)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.