HPN 2018, Polda Kalteng Harap Peran Pers Sajikan Informasi Berimbang

Dedi Prasetyo

Palangka Raya, Dayak Pos

Dalam memperingati Hari Pers Nasional yang dipusatkan di Padang, Sumatra Barat, Wakapolda Kalteng Kombes Pol Dedi Prasetyo meminta jurnalis agar meningkatkan peranan edukasi bagi para pembacanya serta memberikan informasi yang berimbang

“Saya meminta pers tetap obyektif dalam memberikan pemberitaan. Kemudian pers juga menjadi penyeimbang sekaligus memberikan masukan, koreksi dan saran kepada seluruh pemerintah maupun kepolisian dalam memperbaiki kinerjanya,” kata Dedi di Palangka Raya, Sabtu (10/2) lalu.

Menurut Dedi, pers yang berada di Kalteng juga sudah cukup bagus dalam penyajian beritanya. Kehadiran pers juga sangat membantu aparat kepolisian dalam menyampaikan sebuah informasi atau keberhasilan yang telah di toreh kepolisian selama ini.

“Pers diharapkan tetap menjadi penyeimbang disetiap pemberitaan yang disajikan untuk masyarakat di daerah setempat. Bahkan tetap mengkritik kinerja para abdi negara agar kinerja mereka tidak kendor demi peningkatan di daerah setempat,” ucapnya.

Selain itu, orang nomor dua di Mapolda Kalteng tersebut mengatakan, bahwa informasi dari kepolisian tidak bisa diberikan seutuhnya kepada awak media. Hal itu karena ada beberapa informasi yang sifatnya rahasia dan tidak boleh dipublikasikan kepada masyarakat.

“Ya harap maklum lah apabila ada informasi yang tidak bisa kita berikan kepada awak media, karena itu ranahnya rahasia. Tetapi apabila di konfirmasi kita tetap akan menjawab pertanyaan awak media,” bebernya.

Kerja sama yang sudah dibangun kepolisian dengan insan pers, tentunya harus di jaga. Pasalnya insan pers lah yang membantu aparat keamanan untuk dapat mendinginkan situasional apabila terjadi hal-hal yang terjadi di daerah setempat.

“Tugas mereka tidak hanya memberitakan suatu kejadian, tetapi juga menjaga dan memelihara kondisi daerah agar tidak terjadi hal-hal yang sama-sama kita tidak inginkan,” ucap perwira berpangkat melati tiga itu.(Ant/002)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.