Herson B. Aden : Akun Media Sosial Penyebar Hoax akan Diblokir

Herson B. Aden

Palangka Raya, Dayak Pos

Kepala Dinas, Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik, Kalteng. Herson B Aden, memastikan, akun media sosial penyebar hoax, ujaran kebencian, dan propaganda, akan langsung diblokir.

“Kalau jumlahnya, kami belum bisa sebutkan. Tapi banyak akun media sosial yang langsung kita blokir. Media sosial, rawan digunakan untuk menghasut. Apalagi sekarang sudah mendekati Pilkada,” tegas Herson, Rabu (23/5) di sela-sela Rapat persiapan usul peresmian pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota masa jabatan Tahun 2013-2018 serta persiapan pelantikan Penjabat Bupati/Walikota Tahun 2018. Aula Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah

Ia mengatakan, Dinas Kominfosantik Kabupaten ,dan Kota, selalu melakukan pemantauan penggunaan media sosial. Kalau ada yang menggunakan media sosial tidak pada tempatnya, pasti langsung diblokir. Bahkan pemilik akun, bisa terancam dilaporkan kepada pihak berwajb, dan berurusan dengan hukum.

Diakui Herson penggunan media sosial mendekati Pilkada ramai dilakukan pendukung pasangan calon. Hal itu untuk membentuk opini masyarakat, soal calon tertentu. Media sosial, sarana paling murah, untuk melakukan propaganda, atau sosialisasi. Hal itu untuk mengajak masyarakat mendukung calon tertentu.

“Bagi kami hanya melihat konten tulisan, dan gambar. Apakah tulisan hoax, ujaran kebencian dan lainnya. Bila sudah menjurus, kami lakukan pemblokiran. Tetapi kami menilai sekarang masih dalam tahap wajar. Tulisan pendukung kebanyakan beradu argumen, dan pendapat,” tegasnya.

Pihaknya menilai, tulisan di media sosial dalam tahap wajar, bila pendukung beradu pendapat. Kalau sudah kelihatan mulai konflik, akan ingatkan. Media sosial banyak digunakan kampanye. Apakah itu melanggar, silahkan tanya kepada Komisi Pemilihan Umum, dan Badan Pengawas Pemilu, pungkas Herson. (YM/002)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.