Berita Dayakpos 11/06/2018
Foto Penyerahan Pataka Ketua Umum DPP HKTI, Fadli Zon di dampangi Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran,  menjadi simbol resminya Kepemimpinan DPD HKTI Kalteng Oleh H.  Iwan Kurniawan sebagai Ketua DPD HKTI Kalteng periode 2018-2023. (Dayak Pos/Yanting)

Palangka Raya, Dayak Pos

Provinsi Kalimantan Tengah yang terdiri dari 13 Kabupaten dan satu Kota dengan luas wilayah sekitar satu setengah kali luas pulau Jawa tentunya mempunyai banyak potensi.

Salah satu potensi yang tidak diragukan lagi keberadaannya adalah dari sektor pertanian. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Fadli Zon sesaat Setelah Resmi Melantik Pengurus DPD Harian Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Periode 2018-2023 Provinsi Kalimantan Tengah setelah dengan Buka Puasa Bersama di Istana Isen Mulang Palangka Raya, Jumat (8/6).

Pria yang juga merupakan Wakil Ketua DPR RI tersebut mengatakan bahwa dengan kondisi geografis di Provinsi Kalimantan Tengah bukan tidak mungkin untuk dijadikan sebagai lumbung pangan nasional.

“Untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan melepaskan ketergantungan impor pangan dari negara lain tentu tidak mudah. Tentunya semua harus dimulai dari peran serta setiap daerah apalagi yang mempunyai potensi pada bidang pertanian,” ujarnya.

Lanjut Fadli Zon bahwa salah satu faktor untuk mewujudkan kedaulatan pangan adalah dengan memberikan kesejahteraan kepada petani, karena para petani yang merupakan sosok yang berperan dalam sektor pertanian.

Selain itu pemahaman negatif bahwa berprofesi sebagai petani adalah profesi yang sering dianggap sebelah mata harus segera diluruskan. Pasalnya saat ini mayoritas petani di Indonesia rata-rata berumur 50 tahun. Kalau tidak ada yang mau jadi petani, siapa nanti yang akan memberi makan 263 juta rakyat Indonesia” ujar Fadli Zon.

Senada dengan Ketum DPP HKTI, Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran menyampaikan bahwa upaya untuk membangun sektor pertanian di Kalimantan Tengah terus dilakukan dengan berbagai program.

Selain itu dengan dilantiknya H Iwan Kurniawan sebagai Ketua DPD HKTI Kalteng periode 2018-2023 harapannya dapat bersinergi serta dapat meningkatkan pembangunan sektor pertanian di Kalteng.

“Kita akan tunggu program-program dari HKTI Kalteng kedepannya khususnya dalam meningkatkan pembangunan sektor pertanian di bumi Tambun Bungai,” ucap orang nomor satu di Pemerintah Kalteng tersebut.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.