Berita Dayakpos 13/03/2018
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan, Sugian Noor

Kuala Pembuang,Dayak Pos

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan terus mendorong optimalisasi  pemanfaatan lahan yang dimiliki para petani guna meningkatkan sumber pendapatan, salah satunya dengan pengembangan tanaman bawang merah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan, Sugian Noor kepada Dayak Pos di Kuala Pembuang, Senin kemarin mengatakan, tahun ini, ada 13 kelompok masing-masing di Kuala Pembuang I, Tanggul Harapan, Kartika Bhakti, Bangun Harja, Halimaung Jaya, Mekar Indah, Sungai Bakau, Lampasa, Pembuang Hulu I, Bukit Buluh, Bumi Jaya, Suka Mulya dan Wana Tirta.

“Untuk pengembangan bawang merah ini ada di kecamatan Seruyan Hilir, Seruyan Hilir Timur, Seruyan Raya, Hanau, Seruyan Tengah dan Batu Ampar sedangkan luas lahan totalnya 20 hektar tersebar di 13 desa,” ujar Sugian

Disamping itu lanjut dia, budidaya bawang merah sangat menjanjikan bagi petani, selain umur tanam yang pendek yakni 2,5 bulan, permintaan pasar untuk bawang merah relatif tinggi, mengingat kebutuhan bawang merah untuk Kalteng khususnya Seruyan masih dipasok dari luar daerah seperti pulau Jawa.

“Tinggi permintaan pasar ini merupakan peluang yang mestinya harus dimanfaatkan oleh masyarakat atau petani,” ujar Sugian Noor.

Selain itu, tambahnya, tanaman bawang merah merupakan salah satu upaya untuk memanfaatkan lahan yang selama ini banyak tidak digunakan oleh masyarakat.

“Menanam bawang merah juga menjadi solusi bagi para petani di Seruyan untuk memanfaatkan lahan tidak terpakai,” tandasnya. (Rul)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.