Dinas ESDM Gelar Rapat RUED-P

Staff Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko  saat membuka Rapat Kunsultasi Publik Rencana Umum Energi Daerah (RUED-P), Selasa (15/5). (Dayak Pos/Yanting)

Palangka Raya, Dayak Pos

Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Tengah Mengadakan Rapat  Konsultasi Publik Rencana Umum Energi Daerah (RUED-P) di Palangka Raya, Selasa (15/5).

Menurut Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalteng Ermal Subhan melalui Kepala Bidang Geologi dan Air Tanah ESDM Kalteng Diagus,  ST, M, rapat RUED-P Ini akan membahas beberapa hal diantaranya Kebijaksanaan Energi Nasional detapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 79 tahun 2014 dan dijabarkan lebih rinci dalam RUEN (Rencana Umum  Energi Nasional), menurunkan RUEN dalam dalam RUED-P melalui Peraturan Daerah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 79 tahun 2014.

Menurutnya, rencana Umum Energi Daerah Provinsi sebagai komitmen dan panduan bagi Pemerintah Daerah dalam melaksanakan berbagai kegiatan terkait Energi Daerah sabagai pembangunan Daerah serta kontribusi Daerah dalam mencapai target-target Energi Nasional.

Rapat juga membahas tentang tata RTRWP serta subtasi yang harus terkandung dalam penyusunan RUED-P adalah Proyeksi Kebutuhan dan pasokan Energi Daerah, indentifikasi Permasalahan Energi Daerah, potensi Energi Daerah, program Energi Daerah, sumber Energi Daerah, tambah Diagus,  ST, M.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran dalam sambutan yang dibacakan Staff Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko mengatakan beberapa hal yang disampaikan dalam Rapat RUED-P dengan meningkat nya peran Energi dalam pembangunan di Kalimantan Tengah maka Pemerintah menerbitkan kebijakan Umum Bidang Enegi pada tahun 1981 yang diharapkan Energi dapat dikelola dengan baik.

Namun Demikian kebijakan Energi Nasional yang di keluarkan pada saat itu Belum menghasilkan perubahan yang berarti didalam mencapai keenergian yang positif yang menjadi kendala utama adalah  permasalahan inplementasi Koordinasi dan payung regulasi,katanya.

Dikatakannya, penyusunan RUED-P akan selaras dengan program pembangunan dan rencana pembangunan jangka panjang Daerah Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah dokumen RUED-P diharapkan dapat menjabarkan Permasalahan Energi saat ini dan masa mendatang di Daerah dengan dicanangkan program Kalimantan Tengah ‘Terang’ oleh Pemerintah Provinsi Kalteng maka sejak tahun anggaran 2014 Dinas Energi Sumber Daya Mineral fokus menjalankan program Kalteng Terang melalui peningkatan Pembangunan infrastruktur bidang kelistrikan.

Ditambahkan Yuas Elko sejak tahun anggaran 2013 Pemerintah Provinsi Kalimantan memproritaskan Pembangunan Penerangan Jalan Umum (PJU) di beberapa ruas jalan protol kota Palangka Raya, hal ini tidak lain sebagai respon Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mempersiapkan diri menjadi calon ibu kota Republik Indonesia serta tempat event-event Nasional maupun Internasional.(YM/002)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.