Dewan Wacanakan Bahas Kembali Raperda RTRWK

H Asran

Mura Teweh, Dayak Pos

Dalam waktu dekat ini, DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut) merencanakan akan melaksanakan rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rancangan Tata Ruang Wilayah Kabupaten (RTRWK).

Dimana Raperda RTRWK ini sudah diajukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara sejak beberapa tahun lalu, namun karena beberapa faktor belum mendapat persetujuan dari DPRD setempat untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Anggota DPRD Barito Utara, H Asran mengatakan Raperda RTRWK ini prosesnya masih terus berjalan dan saat ini masuk dalam tahap reperencanaan atau perencanaan ulang. Sebab sekarang ini ada program TORA dari Agraria Pusat dan isi dari Raperda RTRWK daerah ini, harus menyesuaikan dengan hal itu.

“Jadi untuk sementara Raperda RTRWK Kabupaten Barito Utara masih dalam pembenahan dan melengkapi data-datanya untuk menyesuaikan dengan program TORA dari Kementerian, karena banyak lahan-lahan yang diperlukan untuk masyarakat baik untuk pertanian, perkebunan, pemukiman dan lainnya,” kata H Asran diruang kerjanya, Rabu (11/7) .

Dikatakan Asran, kawasan yang diperlukan masyarakat tersebut, perlu dikeluarkan dari kawasan hutan produksi atau lainnya, dan informasinya Dinas PUPR sudah bekerjasama dengan pemerintah Kecamatan yang ada di daerah ini, untuk memutihkan wilayah-wilayah itu, seperti halnya yang ada di Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan. “Selain itu pemerintah pusat juga masih mengkaji ulang tentang RTRWK seluruh indonesia. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa selesai,” kata H Asran.(lna)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.