Berita Dayakpos 09/07/2018

Palangka Raya, Dayak Pos

Sejumlah legislator DPRD Kalimantan Tengah meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, untuk terus meningkatkan promosi terhadap potensi pariwisata yang ada Kalimantan Tengah. Pasalnya, sampai sekarang ini berbagai potensi pariwisata Kalimantan Tengah, masih minim sosialisasi.

Kalimantan Tengah, yang luasnya satu setengah kali pulau Jawa, memiliki potensi pariwisata yang sangat menjanjikan, apabila mampu dipromosikan dan dikembangkan secara maksimal. Baik itu wisata alam, budaya dan berbagai potensi wisata lainnya. Namun, hingga sekarang ini pengembangan di sektor pariwisata ini belum begitu disentuh secara serius oleh pemerintah.

Padahal, berbagai potensi pariwisata, baik itu wisata, pantai, alam, budaya dan potensi pariwisata lainnya sangat banyak di Kalimantan Tengah. Karenanya, kedepan Komisi C DPRD Kalimantan Tengah, yang salah satu tupoksinya membidangi masalah pariwisata mengharapkan kepada pemerintah daerah melalui instansi terkait agar masalah pariwisata ini dapat dikembangkan secara maksimal kedepannya.

Kita mengharapkan agar potensi pariwisata Kalteng ini terus dipromosikan kepada masyarakat, sehingga potensi pariwisata kita ini bisa dikenal oleh seluruh wisatawan, baik itu domestik maupun manca Negara,”Ucap Ketua Komisi C DPRD Kalteng, H Syamsul Hadi, saat dibincangi wartawan, di Gedung Dewan, jalan S.Parman Kota Palangka Raya, beberapa waktu lalu.

Untuk pengembangan dan peningkatan potensi pariwisata Kalteng, belum lama ini kata dia pihaknya juga mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk melihat sejauh mana program kepariwisataan yang telah dikembangkan. Sejauh mana yang telah dijalankan terutama rumah Betang, yang ada di lokasi tersebut.

Karena bagaimanapun, Rumah Betang Kalteng, yang dibangun dilokasi tersebut merupakan salah satu sarana dalam rangka mempromosikan pariwisata Kalteng. Kita mengharapkan agar potensi pariwisata Kalimantan Tengah ini dapat terus ditingkatkan, sehingga mengundan wisatawan untuk berkunjung ke daerah kita, kata Syamsul saat dibincangi awak media di gedung Dewan, kemarin.

Dia juga mengakui, untuk mempromosikan pariwisata Kalimantan Tengah ini memang agak sulit terkejar, karena adanya keterbatasan anggaran. Meski demikian, dia mengharapkan kepada pihak pemda untuk terus melakukan berbagai terobosan dalam mempromosikan potensi berbagai pariwisata Bumi Tambun Bungai ini.

Memang untuk promosi masih kurang terkejar, karena keterbatasan anggaran. Tetapi pemehuhan fasilitas dan sebagainya harus terus ditunjang, sehingga kedepan pariwisata kita bisa bagus dan mengharumkan nama daerah,harap wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Kalteng II, yang meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan ini.

Kalimantan Tengah, yang luasnya satu setengah kali Pulau Jawa memang memiliki potensi pariwisata yang sangat menjanjikan, selain dibidang pertambangan, perkebunan, pertanian maupun berbagai bidang lainnya.

Kalteng mempunyai potensi wisata alam, budaya dan berbagai bidang lainnya. jika potensi pariwisata Kalteng ini bisa dikembangkan dengan maksimal, maka daerah ini akan menjadi daerah yang maju dan pariwisatanya bisa bersaing dengan daerah lainnya di Indonesia.

Pariwisata memang harus dikembangkan dan butuh dukungan semua pihak, karena bagaimana pun potensinya sangat menjanjikan dalam membangun daerah ini, pungkas legislator dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.