955 Peserta Ikuti Temu Karya Taman Budaya 2018

Foto : Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran Foto bersama undangan dan perwakilan peserta Temu Karya Taman Budaya Se-Indonesia, Museum Basoeki Abdullah, dan Galeri Nasional Tahun 2018 di UPT. Taman Budaya Kalimantan Tengah, Rabu (12/9) malam.(Dayak Pos/Yanting)

Palangka Raya, Dayak Pos

955 peserta dari 27 provinsi di Indonesia mengikuti kegiatan Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia, Museum Basoeki Abdullah dan Galeri Nasional Indonesia tahun 2018 di UPT. Taman Budaya Kalimantan Tengah Jalan Temanggung Tilung XIII, Palangka Raya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Guntur Talajan, Rabu (12/9) mengatakan, kegiatan yang berlangsung dari tanggal 12 sampi dengan 16 September 2018 itu memiliki beberapa rangkaian acara, dimulai dari Pawai Budaya, pertunjukan digital tari dan video Mapping ‘Betang’, workshop seni rupa Museum Basoeki Abdullah.

“Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mendorong penguatan program dan kegiatan Taman Budaya se-Indonesia, serta mendorong pertumbuhan kretifitas seniman dan budayawan, taman budaya sebagai tempat wisata seniman dan budaya masyarakat,” katanya.

Pada akhirnya, sambung Guntur, Temu Karya Taman Budaya diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan kreasi karya seni budaya yang bernilai pembangunan karakter dan kepribadian bangsa Indonesia untuk memperkuat merajut NKRI, serta meningkatkan jumlah wisatawan ke Kalimantan Tengah khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Hal senada diungkapkan Direktur Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Restu Gunawan yang menyatakan kegiatan Temu Karya Taman Budaya merupakan salah satu kegiatan yang mendukung dalam bidang kesenian.

“Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kepada para seniman. Kegiatan ini juga menampilkan pertunjukan digital (new media art) yang bekerja sama dengan fotografer asal Jogjakarta bernama Miroto. Hal ini sebagai salah satu bentuk bahwa kebudayaan indonesia siap menerima kemajuan teknologi,” terangnya.(YM/AW)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.